Sudah pindah URL, silahkan Bookmark URL baru saya di : http://tuto.arezatzura.com. Terima Kasih

Belajar Web (Dasar-dasar HTML) Bagian 1

Kita sering mendengar sebuah singkatan HTML (bukan milist motor) yang merupakan salah satu bahasa pemograman web. HTML yang kepanjangannya Hypertext Markup Languange merupakan standar bahasa yang digunakan untuk menampilkan dokumen web.

Untuk membuat dokumen web yang bisa ditampilkan di web browser, perlu menuliskan kode-kode HTML baik secara langsung (menggunakan editor Notepad) maupun secara tidak langsung (menggunakan software editor seperti Adobe Dreamweaver). Penulisan kode-kode HTML biasa disebut TAG, merupakan kode khusus yang merupakan komponen fundamental pada dokumen web dan akan dikenali oleh browser.

Nama TAG ditulis di dalam tanda " < " dan " > " dan untuk TAG penutup tambahkan tanda " / ". TAG boleh ditulis dengan UPPERCASE ataupun LOWERCASE, dan selalu digunakan sepasang. Contoh :

Beberapa TAG memiliki atau mengandung banyak atribut didalamnya, contoh : . Pada contoh dapat dijelaskan "p" adalah nama TAG yang mengartikan paragraf, sedangkan "align" nama atribut dan isinya "center" merupakan value dari atribut.

Pada sebuah dokumen HTML mempunyai struktur dasar yaitu sebagai berikut :

  • TAG Utama adalah HTML, HEAD, BODY
  • TAG "HTML" berfungsi untuk menyatakan bahwa dokumen tersebut adalah dokumen HTML
  • TAG "HEAD" berfungsi untuk memberikan informasi tentang dokumen HTML tersebut.
  • TAG "BODY" berfungsi untuk menyimpan informasi atau data yang akan ditampilkan dalam dokumen HTML.
Struktur dasar HTML akan terlihat sebagai berikut :



Untuk melihat bagaimana hasil dokumen HTML, silahkan salin kode diatas kedalam file notepad. Kemudian save as file notepad tersebut dengan type HTML. Buka file yang sudah tersimpan dengan type HTML tersebut dari browser.

Connect CR 8.5 dengan VB 6

Postingan kali ini saya memberikan contoh coding koneksi Crystal Report 8.5 dengan Visual Basic 6.0, adapun contoh barisan coding sebagai berikut :
  1. Private Sub cmdbuat_Click()
  2. Dim saring As String
  3. If DTPicker1.Value > DTPicker2.Value Then
  4. MsgBox "Periode Salah", vbCritical, "Periode"
  5. Else
  6. saring = "{TrAbsensi.TglMasuk} >= #" & Format(DTPicker1.Value, "mm/dd/yyyy
  7. 00:00:00") & "#" & _
  8. "and {TrAbsensi.TglMasuk} <= #" & Format(DTPicker2.Value, "mm/dd/yyyy
  9. 00:00:00") & "#"

  10. CR.WindowTitle = "Laporan Absensi"
  11. CR.ReportFileName = App.Path + "\Reports\LapAbsensi.rpt"
  12. CR.Formulas(1) = "tgl1='" & Format(DTPicker1.Value, "dd/mm/yyyy") & "'"
  13. CR.Formulas(2) = "tgl2='" & Format(DTPicker2.Value, "dd/mm/yyyy") & "'"
  14. CR.Formulas(3) = "IDBAG='" & Combo2.Text & "'"
  15. If Combo2.Text <> "Semua" Then
  16. CR.ReplaceSelectionFormula (saring & " and {MstKaryawan.Nama} = '" &
  17. Combo2.Text & "' and {MstKaryawan.IDbagian} = '" & Combo1.Text & "'")
  18. Else
  19. CR.ReplaceSelectionFormula (saring & " and {MstKaryawan.IDbagian} = '" &
  20. Combo1.Text & "'")
  21. End If
  22. CR.Destination = crptToWindow
  23. CR.WindowState = crptMaximized
  24. CR.Action = 1
  25. End If
  26. End Sub

CARA BUAT DATABASE DI SQL SERVER 2000

Untuk memulai melakukan pembuatan database di SQL SERVER 2000, computer anda harus terinstall piranti lunak SQL SERVER 2000. Jika sudah terpasang di komputer mari memulai dengan cara sebagai berikut :

1 USE master
2 GO
3 CREATE DATABASE Sales
4 ON
5 ( NAME = Sales_dat,
6 FILENAME = 'c:\program files\microsoft sql server\mssql\data\saledat.mdf',
7 SIZE = 10,
8 MAXSIZE = 50,
9 FILEGROWTH = 5 )
10 LOG ON
11 ( NAME = 'Sales_log',
12 FILENAME = 'c:\program files\microsoft sql server\mssql\data\salelog.ldf',
13 SIZE = 5MB,
14 MAXSIZE = 25MB,
15 FILEGROWTH = 5MB )
16 GO

Gunakan baris kode diatas sebagai contoh, disarankan anda membuat database dengan nama yang berbeda dari contoh di atas. Agar dapat memahami sesuai dengan kasus anda. Setelah baris kode sudah terbentuk seperti yang diatas, selanjutnya lakukan execute (tekan tombol F5). Akan muncul tulisan seperti dibawah ini, berarti database sesuai dengan baris kode anda berhasil dibuat.

The command(s) completed successfully.

Prototype

4 Model Prototype :
  • PROTOTIPE KERTAS : Gambaran sistem dibuat pada media kertas, tidak mempunyai bagian yang berbentuk program, dapat di tes dan dapat di run/execute
  • PROTOTIPE BERBASIS PC : Pemodelan memanfaatkan program aplikasi, program-program presentasi, untuk memperlihatkan interaksi manusia dengan komputer (HCI).
  • PROTOTIPE KERJA : Implementasi sebagian fungsi sistem, fungsi yang ingin dilihat karakteristiknya dan dibuatkan programnya.
  • PROTOTIPE PROGRAM : Program benar-benar dibuat dan bisa bekerja, bagian program yang sebagian sudah berfungsi, terus-menerus ditambah atau dilengkapi.
Keungulan Prototipe :
  • Komunikasi User - Developer : Pengembang akan selalu meminta pendapat user
  • Membantu Analis : Menentukan kebutuhan user yang sebenarnya, meminimalkan salah persepsi.
  • Peran user meningkat : evaluasi oleh user berkali-kali, user bisa memberikan masukkan setiap saat.
  • Pengembangan lebih cepat : program bisa langsung dibuat, user melihat perkembangan tahap demi tahap.
  • Implementasi mudah : user dapat mengenal perangkat lunak yang dikembangkan, user tidak akan merasa asing, sejak awal user sudah merasa memiliki.
Kelemahan Prototipe :
  • Pemakai sibuk : User dan pengembang harus sama-sama memiliki komitmen agar dapat tersedia waktu untuk bertemu dan sama-sama sepakat untuk bertemu.
  • Pemakai sulit melakukan evaluasi : bentuk prototipe sering berubah karena disesuaikan dengan kebutuhan user.
  • User ingin cepat selesai : Bentuk program sudah terlihat sejak awal sehingga membuat user merasa tidak akan lama lagi selesai dan menyebabkan pengembang sering mengabaikan dokumentasi.
  • User berharap terlalu banyak : Keberhasilan membawa dampak sering evaluasi dan komunikasi membuat user menjadi sering berubah keinginan, tidak pasti dengan keinginan.
  • Prototipe bekerja tidak efisien karena lebih mementingkan keberhasilan.

Software engineering

Apakah Software Engineering?
Software engineering merupakan teknik disiplin yang bersangkutan dengan semua aspek produksi perangkat lunak.

Insinyur Perangkat lunak harus mengadopsi sebuah pendekatan sistematik dan teratur untuk mereka bekerja dan menggunakan alat dan teknik yang sesuai tergantung pada masalah yang akan dipecahkan, kendala pengembangan dan sumber daya yang tersedia.

Apakah Produk Perangkat Lunak?
Program komputer dan dokumentasi yang terkait, Produk perangkat lunak dapat dikembangkan bagi pelanggan atau dapat dikembangkan untuk pasar umum.

Produk perangkat lunak mungkin:
  • Generik - dikembangkan untuk dijual ke beragam pelanggan
  • Khusus - dipesan lebih dahulu (kustom) - dikembangkan untuk satu pelanggan sesuai dengan spesifikasi
Contoh dan ciri-ciri Produk :

SYSTEM SOFTWATE
  • Program untuk mengatur/melayani program lain.
  • Banyak berinteraksi dengan perangkat keras
REAL-TIME SOFTWARE
  • Perangkat lunak yang memonitor -menganalisa- mengendalikan kejadian/peristiwa yang sedang terjadi
  • Waktu tanggap (Response time) singkat -> Milidetik
BUSINESS SOFTWARE
  • Perangkat Lunak Aplikasi
  • Terpadu menjadi satu -> SIM
ENGINEERING & SCIENTIFIC SOFTWARE
  • Aplikasi perangkat lunak yang banyak memperoses angka-angka, seperti : Astronomi, Otomotif, Peramalan Cuaca dan Biologi.
EMBEDDED SOFTWARE
  • Perangkat lunak yang tersimpan dalam ROM (Read Only Memory).
  • Mengatur perangkat keras : Mesin Cuci, Microwave dan Lemari Pendingin.
PERSONAL COMPUTER SOFTWARE
  • Pengolah kata, Lembar Kerja Elektronik, Basis Data dan Hiburan (games).
ARTIFICAL INTELLIGENT SOFTWARE
  • Memanfaatkan nonnumerical algorithm
  • Bidang pemanfaatan : patern recognition, pengenalan pola bentuk.
  • Expert Sistem : Sistem Pakar
  • Jaringan Syaraf tiruan

Cyber Ethic (Etika Siber)

Perangkat IT yang semakin relatif murah membuat manusia mengubah proses hidupnya dengan berbagai teknologi dan aplikasi ilmu pengetahuan khususnya dalam pola komunikasi-informasi.

Internet adalah salah satu bentuk IT yang saat ini begitu membantu manusia dalam melakukan proses bisnis, mempengaruhi model hidup serta interaksi sosial lainnya. Dengan berbagai layanannya, internet menjelma menjadi medium komunikasi yang paling efektif saat ini.

Seiring dengan kehadiran internet dan layanannya, maka terbentuk satu komunitas maya yang berdiri secara bebas, menembus batasan ruang dan waktu yang ada, sehingga dengan kata lain, internet adalah jalan terbukanya penyatuan komunikasi manusia di dunia.

Ruang lingkup internet yang tak terbatas, membuat masing-masing pihak yang terlibat di dalamnya harus ekstra hati-hati dalam berinteraksi. Hingga saat ini, belum ada aturan tertulis universal yang berlaku untuk netter di seluruh belahan dunia. Kecuali adanya netiket, maka saat ini semua netter bebas berinteraksi dengan segala implikasinya di dalam internet, salah satu implikasi negatifnya adalah kemunculan kejahatan cyber yang bermula dari diabaikannya nilai-nilai etik dalam dunia maya (cyber ethic).

Cyber ethic adalah aturan tidak tertulis yang menjadi aturan main bagi netter di seluruh dunia. Filosofi berinteraksi dalam dunia maya adalah berinteraksi dengan kemungkinan terbesar tanpa pernah bertemu fisik secara langsung. Sementara dalam interaksi itu tentu ada nilai-nilai yang harus dihargai menyangkut karya cipta orang lain yang dipublikasikan melalui internet. Untuk itulah maka cyber ethic menjadi hal yang penting untuk dikembangkan.

Kampus dan sekolah sebagai sebuah lembaga pendidikan dapat menjadi gerbang awal pengenalan cyber ethic. Partisipasi aktif dari staf pengajar, mahasiswa, siswa atau inkubator riset dan penelitian sangat diharapkan secara nyata dalam mendarahdagingkan cyber ethic di dunia kampus dimulai dengan menerapkan pola komunikasi berbasis cyber sehingga nantinya seisi komunitas kampus diharapkan bukan hanya mengenali namun juga mentaati cyber ethic yang pada muaranya bisa digunakan sebagai pagar-pagar pembatas dalam berinteraksi dalam dunia maya secara global.

Pemicu-pemicu akan terjadinya kejahatan cyber atau pelanggaran cyber ethic umumnya adalah:
  1. Motivasi pembuktian diri untuk pengakuan dari orang lain atau kesenangan Pada faktor ini, tampak bahwa pelaku ingin membuktikan keahliannya di bidang TI kepada orang lain. Bentuk kejahatan atau pelanggaran ethic yang dapat dilakukan misalnya menyerang situs (hacking) dan mengubah sebagian isi (content) sehingga informasi yang ditampilkan akan menyesatkan pengunjungnya. Bisa juga mengirimkan email dengan attachment yang sudah mengandung virus yang telah diciptakannya agar orang tahu bahwa virus tersebut adalah buatannya.
  2. Dorongan untuk melakukan ‘peperangan tanpa batas’ Orang-orang yang memiliki motivasi ini adalah orang-orang terpelajar yang saling menyerang satu sama lain. Pelanggaran yang dilakukan misalnya membuat situs yang isinya menyerang atau memberi informasi yang merugikan suatu pihak secara spesifik atas perbuatan yang dilakukan pihak lawan. Pada waktu Indonesia dituduh melakukan atau membiarkan kekerasan dan perkosaan yang terjadi atas saudara-saudara kita etnis China di sini pada Mei 1998, puluhan atau ratusan hackers dari China daratan dan perantauan serta simpatisannya di seluruh dunia melakukan pembobolan halaman-halaman utama situs-situs Indonesia. Akibatnya, beberapa tampilan wajah situs dimasuki gangguan para hackers. Sementara pada waktu Australia melakukan sweeping terhadap warga Muslim Indonesia minggu-minggu setelah ledakan bom Bali, para hackers Indonesia melakukan penetrasi gangguan ke banyak situs Australia. Tidak jelas akibat-akibat apa yang ditimbulkan oleh serangan hackers tersebut. Laporan yang diterima hanya terbatas kerusakan pada tampilan muka dan halaman utama saja.
  3. Motivasi mencari keuntungan ekonomis Faktor ini sangat jelas tujuannya yaitu untuk ‘mensejahterakan’ pelakunya dengan keuntungan ekonomis yang didapat. Duplikasi situs seperti BCA dapat dikatakan terpicu pada motivasi ini. Dengan informasi banking yang telah diperoleh maka pelaku dapat melakukan transaksi keuangan seperti transfer ke rekeningnya pribadi atau milik orang lain yang masih kerabatnya –terlepas dari pengakuan pelaku bahwa tidak satu pun rekening dan pin yang telah digunakan untuk bertransaksi.
Pengalaman ini didapat ketika Kuliah Etika dan Budi Perketi dosen : Arief Wibowo

KKP & SKRIPSI

Sewaktu lagi browsing dirumah ada teman yang mau pinjem KKP, gue juga udah lupa masih ada apa ga tuh KKP . Setelah gue cari-cari ternyata masih ada di Harddisk , cos seinget gue waktu KKP ga sempet buat hardcopy yang banyak maklum mahasiwa eh, mahasiswa.

Wah, dari sini timbul inisiatif dari gue untuk bagi-bagi ilmu teori Sistem Akuntansi, walapun masih ada kekurangannya menurut gue. Tapi setidaknya menjadi gambaran awal untuk merancang KKP khususnya mahasiswa Universitas Budi Luhur yang saat ini sedang menempuh tugas KKP. Berikut dokumen-dokumen KKP yang udah gue share, silahkan diambil :
* Sementara Dokumen yang tersedia baru KKP, harap kembali lagi bulan depan untuk melihat dokumen SKRIPSI. Terima Kasih

Update - 7/08/2007

Akhirnya skripsi gue masuk ke perpustakaan dan itu menandakan gue LULUS dalam Tugas Akhir. Berikut softcopy Skripsi gue, silahkan di ambil :

PERINGATAN
1. Dokumen yang telah diambil dilarang keras untuk disalin kembali tanpa seizin dari pemilik.
2. Haram hukumnya bagi yang menyebarkan dokumen ini untuk komersial
3. Dokumen-dokumen diatas hanya sebatas berbagi ilmu.


Jasa Pembuatan Website murah, klik : Jasa Website